ags_sam@yahoo.com +62 87851187118
Cold Brew, Metode baru seduh kopi low acidity [repost]
October 12, 2016
0

Indonesia merupakan salah satu negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Oleh sebab itu, Indonesia memiliki iklim tropis. Beberapa kota besar di Indonesia sudah pasti bercuaca panas. Banyak cara yang dilakukan masyarakat Indonesia untuk menyiasati panasnya cuaca di siang hari. Salah satu cara yang banyak digemari, yakni menyeruput minuman dingin. Meminum minuman dingin sudah pasti dapat menjadi “surga” tersendiri untuk menghilangkan dahaga.

Sampai saat ini, kopi dingin tetap menjadi favorit bagi banyak orang. Kini, kopi dingin semakin dicari oleh para penggemarnya. Menariknya ada satu cara penyajian kopi dingin yang saat ini sedang populer di coffee shop tanah air dan digemari masyarakat. Hampir di seluruh coffee shop, iced coffee disajikan dengan Cold Brew . Ada cita rasa yang unik jika kopi disajikan secara dingin. Oleh karena itu, banyak penggemar Cold Brew yang menjadi fanatik dan menganggap kopi dingin lebih baik dari minuman yang lain.

Cold Brew memiliki rasa yang lebih manis karena kadar asamnya yang rendah. Para pencinta Cold Brew mengklaim bahwa metode yang dipakai dalam pembuatan Cold Brewakan menghasilkan kopi yang lebih kaya rasa dan lebih lembut dari jenis lainnya.

Orang Amerika sudah lama menyukai kopi dingin yang disajikan dengan Cold Brew. Namun, mereka lebih menyukai untuk menyeruput Cold Brew di tempat-tempat lain yang udaranya panas, seperti Vietnam dan Peru.

Cold Brew, Teknologi baru menyeduh kopi low acidity
Cold Brew, Teknologi baru menyeduh kopi low acidity

Berdasarkan sejarahnya, alat pembuat Cold Brew ditemukan pada tahun 1964 silam oleh seorang insinyur kimia bernama Todd Simpson. Saat itu, Todd memesan kopi di sebuah coffee shop di Guatemala. Di sana, Todd diberikan kopi dingin dengan tambahan air mendidih di sampingnya. Sebenarnya, kopi itu dipesan untuk ibunya. Namun, Ibu Todd tidak dapat mengonsumsi minuman itu karena pencernaanya yang kurang baik. Ketika Ibu Todd meminum kopi itu yang disajikan dengan cara itu, ternyata dia tidak mengalami masalah apapun dengan pencernaanya. Ini adalah beberapa keunggulan dari kopi yang disajikan dengan Cold Brew.

Kadar asam lebih rendah

Jika bubuk kopi dicampur dengan air panas, maka akan keluar minyak yang tidak larut di temperatur rendah. Minyak tersebut kaya akan zat asam yang member rasa pahit pada kopi. Sementara, kopi yang disajikan dengan cara Cold Brew, kadar asamnya akan berkurang sebanyak 67%. Oleh karena itu, kopi jadi lebih aman, serta sehat di perut dan gigi.

Rasa kopi lebih mantap

 

Karena kadar asamnya berkurang, maka rasa kopinya akan lebih terasa. Rasa coklat, buah-buahan, dan kacang yang sebenarnya ada dalam biji kopi akan semakin menguat. Sementara iced coffee biasa, bisa dipastikan sudah tidak ada rasa kopinya. MAU???
(Sumber : http://news.detik.com/advertorial-news-block/3315378/ini-keunggulan-luwak-ice-koffie-black-pertama-dengan-teknologi-cold-brew?_ga=1.267453511.812083540.1467219433)