ags_sam@yahoo.com +62 87851187118
BAGAIMANA RASA KOPIMU HARI INI?
May 21, 2016
0

Pahit, itulah kata yang sangat identik untuk kopi. Hampir semua orang mengatakan kopi itu pahit, begitu juga saya yang selalu  menambahkan gula disetiap kopi yang saya seduh. Tetapi setelah mengenal lebih baik tentang kopi, ternyata kopi mempunyai cita rasa yang sangat beragam. Menambahkan gula pada kopi justru akan menghilangkan cita rasa asli dari kopi.

foto by. www.teropongbisnis.com
foto by. www.teropongbisnis.com

Jenis kopi sudah tentu akan membedakan cita rasa kopi, kopi arabika memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan kopi robusta. Selain itu, tempat tumbuh kopi juga sangat berpengaruh pada cita rasa kopi. Misalkan kopi yang berasal dari jawa, akan berbeda dengan kopi yang berasal dari bali kintamani. Kebanyakan kopi yang berasal dari jawa mempunyai aroma rempah yang tidak dimiliki oleh kopi yang berasal dari bali kintamani, begitu juga kopi bali kintamani yang mempunyai aroma citrus atau jeruk yang tidak ada pada kopi jawa dikarenakan kebun kopi di bali sebagian besar tumpang sari dengan tanaman jeruk bali. Begitu juga kopi yang berasal dari papua, sulawesi, dan berbagai tempat l

ainnya dapat dipastikan mempunyai karakter sendiri – sendiri. Tanaman kopi merupakan tanaman yang sangat peka terhadap lingkungan sekitar. Kondisi alam sekitar bisa sangat mempengaruhi cita rasa kopi nantinya.

foto by. Tempo/Ratih Purnama
foto by. Tempo/Ratih Purnama

Selain karakter asal dari pohon kopi itu sendiri, proses pasca panen pengolahan kopi hingga menjadi green bean juga mempengaruhi cita rasa kopi. Ada berbagai macam jenis pengolahan pasca panen, di antaranya proses kering (natural/dry), proses basah gabah giling kering (full wash dry hulled), proses basah gabah giling basah (full wash wet hulled), dan pulped natural (ada yang menyebutnya sebagai honey process). Perbedaan dalam pengolahan pasca panen juga mempengaruhi cita rasa kopi. 

foto by. oursmall-talk.blogspot.com
foto by. oursmall-talk.blogspot.com

Tak berhenti sampai pada pengolahan pasca panen, proses roasting (sangrai) dan brewing (penyeduhan) juga bisa mempengaruhi cita rasa kopi. Tak ada habisnya memang jika membahas tentang kopi, tentu sangat banyak eksperimen yang bisa dilakukan untuk mendapatkan cita rasa kopi terbaik dari mulai pembibitan pohon kopi sampai pada proses brewing. Disisi lain, menurut penulis meminum kopi adalah sebuah pengalaman personal antara peminum dan kopinya. Kopi yang baik tentunya akan menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi si peminum kopi, begitu juga sebaliknya. Disamping itu tempat yang nyaman, waktu yang tepat serta teman ngopi yang asyik tentunya juga bisa menciptakan pengalaman tersendiri. Jadi, bagaimana rasa kopimu hari ini?…